Rabu, 04 April 2012

Mengoptimalkan Virtual Memory

Virtual memory pada Windows biasa disebut sebagai swap file atau paging file. Virtual Memory ini berfungsi sebagai memory tambahan untuk mendukung kinerja RAM (Random Access Memory) itu sendiri.Umumnya kapasitas minimal yang dibutuhkan oleh virtual memory sekitar 1,5 kali dari kapasitas RAM yang Anda gunakan. Sedangkan kapasitas maksimal yang dibutuhkan sekitar 2-3 kali dari kapasitasRAM Anda.

Untuk memulai pengaturan, perhatikan langkah-langkah berikut ini:
1. Buka Control Panel, kemudian klik ganda ikon System.
2. Pada tampilan Control Panel, klik ganda pada System maka akan tampil jendela System Properties. Di situ akan terdapat beberapa pilihan tab yang dapat dipilih, dalam tab-tab tersebut akan mempunyai fungsi tersendiri.
3. Klik tab Advanced/Tingkat  yang terdapat pada jendela tersebut, klik tombol Settings pada bagian kelompok kotak Perfomance. Maka akan membuka jendela baru, yaitu Performance Options.
4. Pada tab Visual Effects tentukan pilihan untuk mempercepat perfoma Windows. Misal pilih pilihan Adjust for best perfomance, maka pilihan checkbox di bawahnya tidak aktif semua. Jika Anda tetap ingin menampilkan beberapa efek, maka pilihlah Custom dan aktifkan checkbox. Misal jika ingin menampilkan efek bayangan pada menu, maka aktifkan pilihan Show shadows under menus.
Di sini Anda dapat mengubah atau melakukan setting untuk memperoleh kecepatan yang optimal pada PC, dengan cara membuang centang-centang yang Anda anggap tidak perlu. Untuk lebih mudahnya, Anda dapat memilih Adjust for best performance dengan cara diklik. Jika Anda anggap sudah cukup dalam melakukan pengaturan klik OK, maka Windows akan melakukan proses setting.

5.    Klik OK, kemudian restart komputer untuk merasakan perubahan yang terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar