Jumat, 19 Oktober 2012

Pengertian Web dan Sejarah Perkembangannya

Penemu Website adalah Sir Timothy “Tim “ Bernes-Lee, sedangkan website yang tersambung dengan jaringan, pertama kali muncul pada tahun 1991. Sebuah website bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukan kepemilikan dari sebuah organisasi,perusahaan, dan biasanya website itu menunjukan beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Website ditulis, atau secara dinamik di konversi menjadi HTML dan diakses melalui sebuah program sofware yang biasa di sebut web browser. Halaman web dapat dilihat atau diakses melalui jaringan komputer dan internet, perangkat dapat berupa PC, laptop, PDA, atau smartphone.
Secara Terminologi , website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatmya berada di dalam Word Wide Web (WWW) di dalam internet. Sebuah halaman web biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang selalu bisa di akses melalui HTTP, yaitu sebuah protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk di tampilkan kepada para pemakai melalui web browser.

Web 1.0
Web 1.0 merupakan teknologi awal dari website, dimana pembuat sebagai pemberi informasi dan pengguna hanya sebagai pembaca (seperti membaca koran lewat computer, aktifitasnya hanya searching saja). Bahasa yang digunakan pada web ini masih berupa HTML saja.

Web 2.0
Web 2.0 adalah revolusi bisnis di bidang komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut. Salah satu aturannya adalah membangun aplikasi yang mengeksploitasi efek jaringan unutk mendapatkan lebih banyak lagi pebgguna aplikasi tersebut, sifat dari Web 2.0 adalah read write.
Karakter Web 2.0
Web sebagai Platform datasebagai penengendali utama efek jaringan diciptakan oleh arsitektur partisipasi Inovasi dalam perakitan sistem serta situs disusun dengan menyatukan fitur dari pengembang (Developer) yang terdistribusi dan independen (Semacam model pengembangan “Open Source”). Model bisnis yang ringan, yang dikembangkan dengan gabungan isi dan layanan akhir dari siklus peluncuran perangkat lunak. Mudah untuk di gunakan dan di adopsi oelh user Teknologi yang dipakai adalah AJAX.

Perbedaan antara Web 1.0 dan Web 2.0 yaitu :
1. Perilaku pengguna Membaca Menulis
2. Pelaku utama Perusahaan Pengguna/Komunitas
3. Hubungan dengan server Client-server Peer to peer
4. Bahasa pemrograman penampil konten HTML XML
5. Pola hubungan penerbit-pengguna Searah Dua arah/ Interaktif
6. Pengelolaan konten Taksonomi/direktori Folksonomi/penanda/tag
7. Penayangan berbagai kanal informasi Portal RSS/Sindikasi
8. Hubungan antar pengakses Tidak ada Berjejaring
9. Sumber konten Penerbit/pemilik situs Pengguna
Yang menjadi kunci perbedaan dalam Web 2.0 dan Web 1.0 adalah keterbatasan pada Web 1.0 yang mengharuskan pengguna internet untuk datang ke dalam website tersebut dan melihat satu persatu konten di dalamnya.Sedangkan Web 2.0 memungkinkan pengguna internet dapat melihat konten suatu website tanpa harus berkunjung ke alamat situs yang bersangkutan.Kemampuan web 2.0 dalam melakukan aktivitas drag and drop, auto complete, chat, voice dapat dilakukan layaknya aplikasi desktop.


Referensi :
1. http://nunusdwinugroho.wordpress.com/2011/05/29/pengertian-web-1-0-2-0-dan-3-0/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar