Selasa, 27 November 2012

VRML (Virtual Reality Modelling Language)


#Pengertian

VRML (Virtual Reality Modelling Language dibaca: ver-mel) sebuah spesifikasi untuk menampilkan gambar obyek tiga dimensi melalui jaringan jagat jember (World Wide Web).



VRML adalah file teks format di mana, misalnya, titik dan sisi untuk poligon 3D dapat ditentukan bersama dengan warna permukaan, tekstur dipetakan UV, shininess, transparansi, dan sebagainya URL dapat dikaitkan dengan komponen grafis. Sehingga web browser mungkin mengambil halaman web atau file VRML baru dari Internet ketika pengguna mengklik pada komponen grafis tertentu. Animasi, suara, pencahayaan, dan aspek lain dari dunia maya dapat berinteraksi dengan pengguna atau mungkin dipicu oleh peristiwa eksternal seperti timer. Sebuah Node Script khusus memungkinkan penambahan kode program (misalnya, ditulis di Jawa atau JavaScript (ECMAScript)) ke file VRML.

File VRML biasanya disebut "dunia" dan memiliki file *. WRL ekstensi (misalnya island.wrl). File VRML dalam teks biasa dan umumnya kompres dengan baik menggunakan gzip yang berguna untuk mentransfer melalui internet lebih cepat (beberapa gzip terkompresi file menggunakan ekstensi file * wrz.). Banyak program pemodelan 3D dapat menyimpan benda-benda dan adegan dalam format VRML.

Kode ekstensi yang digunakan untuk file-file VRML adalah *. wrl . Untuk membuka halaman sebuah situs yang memuat VRML, web browser haruslah sebuah browser VRML atau web browser yang dilengkapi dengan plug-in VRML.

#Sejarah

The VRML Istilah ini diciptakan oleh Dave Raggett dalam sebuah makalah yang disebut "Memperluas WWW untuk mendukung platform Virtual Reality Independen" disampaikan kepada Konferensi Web Dunia Pertama pada tahun 1994, dan pertama kali dibahas di WWW94 VRML BOF didirikan oleh Tim Berners-Lee, di mana Mark Pesce disajikan demo Labyrinth yang dikembangkan dengan Tony Parisi dan Peter Kennard Pada bulan Oktober 1995., di Dunia Internet, Template Perangkat Lunak Grafik (TGS) menunjukkan 3D/VRML plug-in untuk beta rilis Netscape 2.0 oleh Netscape Communications.


Pada tahun 1997, sebuah versi baru dari format diselesaikan, sebagai VRML97 (juga dikenal sebagai VRML2 atau VRML 2.0), dan menjadi sebuah standar ISO. VRML97 digunakan di Internet pada beberapa situs pribadi situs seperti "CyberTown", yang menawarkan chat 3D menggunakan Software Blaxxun. Format ini diperjuangkan oleh SGI Cosmo Software, ketika SGI direstrukturisasi pada tahun 1998 divisi ini dijual kepada Teknologi Platinum, yang kemudian diambil alih oleh Computer Associates, yang tidak mengembangkan atau mendistribusikan perangkat lunak. Untuk mengisi kekosongan berbagai format 3D Web proprietary muncul selama beberapa tahun ke depan, termasuk Microsoft dan Chrome Suasana Adobe, baik yang didukung saat ini. Kemampuan VRML relatif tetap sama sedangkan grafis 3D realtime terus membaik. Konsorsium VRML berubah nama menjadi Konsorsium Web3D, dan mulai bekerja pada penerus VRML-X3D.

H-Anim adalah standar untuk Humanoids animasi, yang berbasis di sekitar VRML, dan kemudian X3D. Versi awal 1.0 dari H-Anim standar dijadwalkan untuk pengiriman pada akhir Maret 1998.
VRML menimbulkan banyak minat tapi tidak pernah digunakan secara luas lebih serius. Salah satu alasan untuk ini mungkin kurangnya bandwidth yang tersedia. Pada saat popularitas VRML ini, sebagian besar pengguna, baik bisnis dan pribadi, yang menggunakan lambat dial-up akses internet. Ini memiliki efek samping yang tidak menguntungkan karena pengguna menunggu waktu yang lama hanya untuk menemukan, kuning remang-remang kamar dengan teks terdistorsi tergantung di lokasi acak.

Eksperimen VRML terutama dalam pendidikan dan penelitian di mana spesifikasi terbuka yang paling berharga Sekarang telah kembali direkayasa sebagai X3D.. Profil MPEG-4 Interaktif (ISO / IEC 14.496) didasarkan pada VRML (Sekarang X3D), dan X3D sebagian besar mundur-kompatibel dengan itu. VRML juga banyak digunakan sebagai format file untuk pertukaran model 3D, terutama dari sistem CAD.




                 http://id.wikipedia.org/wiki/VRML



Tidak ada komentar:

Posting Komentar